Perbarindo & BPR-BPRS di Jawa Tengah Salurkan Donasi Banjir

Selasa, 13 Februari 2024 | 14:34 WIB

DEMAK - Pada hari Selasa 13 Februari 2024, Ketua Perbarindo DPD Jawa Tengah, Dadi Sumarsana beserta jajaran pengurus meninjau dan melakukan aksi peduli berupa donasi dan penggalangan dana bagi korban terdampak bencana Banjir di ketiga wilayah yakni, Demak, Kudus dan Grobogan, yang dihimpun dari DPP Perbarindo, dari Perbarindo DPK se-Jateng (DPK Semarang, DPK Kedu, DPK Soloraya, DPK Tegal, DPK Banyumas, dan DPK Pati) dan dari BPR-BPRS Anggota seluruh Jawa Tengah. 


“Jadi tadi kami meninjau titik banjir dampak dari tanggul yang jebol,” kata Dadi, seusai melakukan peninjauan.


Dijelaskan, banjir yang terjadi di Demak dan Kudus ini disebabkan intensitas hujan tinggi, yang mengakibatkan tanggul Sungai Wulan yang berada di dua kabupaten tersebut jebol. Ada dua tanggul yang jebol di sekitar tersebut, ukurannya 33 meter dan 20 meter.


“Debit air demikian besar, kemudian tanggul jebol, sehingga menyebabkan banjir sampai ke rumah warga, dan lahan sawah juga terdampak,” ungkap Dadi.

Banjir tersebut merendam 35 desa di tujuh kecamatan. Warga yang terdampak sekiar 71 ribu orang. Saat ini ada kurang lebih 11.400 orang yang diungsikan, baik di Demak maupun di Kudus. Selain itu, jalan pantura Semarang-Kudus juga terputus.


Dalam rangka aksi peduli terhadap korban bencana, Dadi Sumarsana didampingi jajaran Pengurus (Dwi Yono - sekretaris, Supriyanto - ketua bidang pendidikan, Bambang Susanto - Ketua Penelitian & Pengembangan dan Parwanti - Bendahara) melakukan tinjauan lapangan dan sekaligus memberikan donasi yang telah dikumpulkan dari BPR-BPRS se-Jawa Tengah kepada korban terdampak bencana banjir sebanyak 4 titik lokasi, di antaranya Desa Wonorejo diterima oleh Abdul Khasan, Desa Cangkring Rembang diterima oleh Wahyu Apriadi, Desa Wonoketingal diterima oleh Kiswanto, Desa Cangkring diterima oleh Ahmad Nur Fais

Dalam aksi peduli ini, donasi diprioritaskan kebutuhan pokok (pakaian dalam wanita-pria, makanan siap saji, biskuit protein, susu formula, pempers lansia-balita, pembalut, air mineral, paket perlengkapan mandi [sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi], sandal, pakaian layak pakai dan lain sebagainya) yang di butuhkan terkini sesuai informasi dari Budi Haryanto Koordinasi Lapangan Titik Banjir dan dari Nataria Ika salah Dirut BPR diwilayah terdekat titik banjir.


Besar harapan Perbarindo DPD Jawa Tengah, dalam hal aksi peduli ini dapat memberikan manfaat bagi korban tedampak bencana, sekaligus mendo’akan semoga banjir lekas surut dan para korban terdampak banjir senantiasa diberikan ketabahan dan kesabaran atas bencana banjir yang terjadi. [ds,hpw,ik]

BERANDA - BERANDA - BERANDA - BERANDA - BERANDA